Pilem-pilem batman yg udah dibuat sama holiwud :

Batman

Pilem Batman pertama yang mendapat tanggapan memuaskan dari para penggemar Batman, meskipun banyak yang pada awalnya memprotes keputusan Tim Burton yang memilih Michael Keaton untuk memerankan Batman/Bruce Wayne. Tapi Tim Burton berhasil menghapus keraguan para fans, ia berhasil memvisualisasikan aksi seru di kota Gotham dan drama psikologi, yang mungkin akan gagal jika para pemeran bukan aktor kawakan. Ternyata jajaran pemeran seperti Jack Nicholson (sebagai Joker) dan Kim Bassinger (sebagai jurnalis dan juga pacar Bruce Wayne, Vicky Vale) bukan hanya disewa untuk jual nama. Pilem inilah yang membuka franchise dan tren pilem Batman, apalagi pilem ini memenangkan oscar untuk visualisasi efek terbaik. Batmannya sendiri cukup oke, walau ia harus memutar seluruh badannya untuk menoleh.

Batman Returns

Pilem kedua ini masih distrudarai oleh Tim Burton dan Michael Keaton masih berperan sebagai Batman. Kali ini, penjahat yang tampil adalah Catwoman (Michele Pfeifer) dan Penguin (Danny DeVito). Sekali lagi Tim Burton membuktikan kepiawaiannya. Karakter sang dark-night, si maling seksi dan si penjahat sinting terlihat mantap tanpa saling tumpang tindih. Adegan aksinya makin seru dan nuansa noir tetap dipertahankan. Kehadiran Christopher Walken sebagai tokoh antagonis semakin menambah kesan psycho dalam pilem ini. Batman masih repot kalo mau menoleh, makanya ia pusing menghadapi unggas dan kucing yang jadi musuhnya kali ini. … hmmmm … unggas dan kucing … sepertinya ada tema tersembunyi.

Batman Forever

Kali ini Batman berada dibawah arahan sutradara Joel Schumacher, dan pilem ketiga ini sang dark-night mulai jadi tidak “dark”. Menurut Schumacher, pendekatannya memang bukan Batman sebagai dark-night, tapi lebih kepada komik Batman era Golden Age yang warna-warni itu. … Batman diperankan oleh Val Kilmer yang kali ini dibantu oleh Robin yang diperankan oleh Chris O’Donnel. Mereka berhadapan dengan Two Face (Tommy Lee Jones) dan The Riddler (Jim Carrey). Untuk kisah cintanya, Bruce Wayne bertemu psikiater bernama Dr. Chase Meridien (Nicole Kidman). … Pilem ini lumayan, kalo emang nyaman melihat Batman beraksi di tengah-tengah warna-warni hijau muda dan pink di sepanjang pilem. … Oh iya, Batman masih juga kesulitan untuk menoleh.

Batman and Robin

Inilah pilem yang dikatakan dan dihujat sebagai pembunuh franchise Batman. Joel Schumacher dituduh sebagai biang keladinya. Mulai dari puting di kostum Batman dan Robin, sampai pemilihan George Clooney sebagai dark-night … yang entah bagaimana bisa-bisanya punya kostum perak dengan skate yang matching. Pilem ini mendapat tanggapan sedingin senjata Mr. freeze (Arnold Schwarzenegger) yang berkolaborasi dengan Poison Ivy (Uma Thurman). Kemunculan Bane sangat dipaksakan. Adanya Batgirl (Alicia Silverstone) malah menambah kekesalan fans –yg laki-laki tentunya–, karena jika kostum Batman dan Robin ada putingnya, kenapa kostum Batgirl malah tidak ? … Penonton sakit mata setelah tiga perempat pilem, entah karena warna-warni terangnya atau karena cengiran Clooney. Kayaknya masalah puting ini terlalu dibesar-besarkan ya … mungkin karena walau kostum Batman ada putingnya, dia tetap susah menoleh

Batman Begins

Kekurangan pilem ini : …. apa ya ???? … bingung nyari kelemahan pilem batman yg satu ini, Christopher Nolan telah berhasil memperbaiki citra dan harga diri Batman yang telah diinjek-injek oleh Joel Schumacher. Pemilihan Christian Bale sebagai Batman sangat perfect, dan disokong oleh para aktor kawakan seperti, Morgan Freeman, Michael Caine, Liam Neeson, Cilian Murphy, Gary Oldman dan Katie Holmes … tapi meskipun pilem ini dark-night banget, batman masih aja sulit buat menoleh.

:::::: sumber : wiki & wizard ::::::

Iklan